Menu Close

Mengenal E-wallet atau Dompet Digital

mengenal dompet digital

E-wallet atau Dompet Digital atau Dompet Elektronik memiliki fungsi yang hampir sama dengan dompet saku yaitu untuk menyimpan uang. Namun karena berbasis teknologi infromasi dompet digital yang awalnya digunakan sebagai salah satu metode untuk menyimpan uang dalam bentuk elektronik kemudian menjadi populer karena dapat juga digunakan untuk bertransaksi secara online.

Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia, e-wallet atau dompet digital atau dompet elektronik merupakan layanan elektronik untuk menyimpan data instrumen pembayaran antara lain sebagai alat pembayaran dengan menggunakan kartu dan/atau uang elektronik, yang dapat juga menampung dana, untuk melakukan pembayaran. [1]

Hadirnya dompet digital di dalam kehidupan masyarakat Indonesia disambut dengan cukup baik. Selain bisa memudahkan transaksi keuangan, pengguna juga bisa transfer sejumlah dana untuk pembayaran produk atau jasa dengan lebih efektif dan efisien. Bahkan, saat ini juga sudah bisa melakukan online shopping di beberapa situs e-commerce atau toko online dengan cepat dan mudah menggunakan dompet digital.

Kelebihan dompet digital

Beberapa kelebihan dompet digital antara lain; hemat waktu karena cukup dari handphone di mana saja dapat melakukan transaksi, dengan dompet digital juga dapat melakukan berbagai macam transaksi mulai dari berbelanja online, transfer ke rekening bank atau pun transfer saldo ke sesama akun dompet digital, beriventasi saham hingga beramal di platform online serta riwayat transaksi lengkap tercatat; tidak perlu takut bukti transaksi hilang karena terselip/terbuang, karena segala riwayat transaksi tercatat lengkap secara online di akun dompet digital milik pengguna.

Cara kerja dompet digital

Dengan menggunakan sistem elektronik berbasis internet, sistem kerja dompet digital dapat meringkas segala aktivitas transaksi keuangan. Membuat/membuka rekening dompet digital dapat dilakukan secara online dengan menggunakan handphone. Untuk mengisinyapun dapat dilakukan melalui transfer bank, mobile banking atau melalui kios/toko yang berkerjasama dengan dompet digital tersebut.

Dibandingkan dengan transaksi konvensional, sistem kerja dompet digital ini terhubung secara nirkabel dengan bantuan internet sehingga segala transaksi dapat dilakukan secara online menggunakan handphone.

Juga dapat melakukan transaksi secara langsung di toko-toko yang menerima pembayaran dompet digital dengan menggunakan fitur NFC (Near Field Communication) hanya dengan menempelkan handphone atau fitur scan QR (Quick Response) Code menggunakan kamera handphone.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *